Rabu, 13 Juni 2018

Hari Terakhir Tarawih

"Sebentar lagi lebaran ya?"
"Momen yang ditunggu-tunggu banyak orang."

Seseorang mengirimkan dua pesan itu. Gue jadi mikir, "kenapa gue gak nungguin lebaran ya?" Setelah kalimat itu, gue jadi mikirin lebaran. Sial. Tapi, sebenernya gue lebih mikirin tarawih sih. Ramadhan ini, gue tarawih di hari pertama doang. Puasa selanjutnya setiap gue diajak sama Mama, gue cuma dadah-dadah karena beban tugas, materi uas, dan latihan nari.

"Nur, ayok tarawih," Mama mengajak dari pintu kamar.
"Dadah!!" gue ngejawab sambil melambai-lambaikan tangan.
"Heh! Ayok terawih!" masih getol ngajaknya.
"Dadaaahhhh!!!!" kali ini gue sambil nyengir di depan laptop.
Akhirnya Mama berangkat terawih sendiri. Bapak gue kemana? Ada, terawih juga, cuma Mama dan Bapak gak bakal berangkat bareng :)
Pokoknya gitu deh isinya tiap malam.

Sampai malam ini, malam ini malam terakhir Ramadhan. Besok malam udah takbiran. Akhirnya malam ini gue bisa tarawih ke masjid, karena besok udah bisa puasa lagi. Gue pengen banget tarawih di minggu terakhir karena masjidnya udah sepi, jadi gue bisa tarawih di dalam masjid.

Berangkatlah gue ke masjid sama Mama. Gue baru selesai markir motor. Mama datang dari pintu masjid ke arah motor gue.
"Nur, ayok pulang. Mama abis batuk terus ngompol," Mama gue berkata.
"Iya, ayok," gue akhirnya ngeluarin motor lagi dari parkiran.
Emang gue gak ditakdirin buat tarawih di minggu terakhir Ramadhan kayanya.

Oh iya, kondisi urin keluar sedikit setelah batuk itu kalau di keperawatan namanya inkontinensia urin: stres. Hal tersebut terjadi karena peningkatan tekanan abdominal karena batuk atau aktivitas lainnya. Salah satu faktor risikonya memang usia, jadi gue mewajari. Ada penanganan/intervensinya juga untuk inkontinensia urin ini, tapi gue lupa hehehe. Waktu itu Mama gue, gue suruh ngelakuin gak mau soalnya. Salah satunya, batasi asupan cairan 2-3 jam sebelum tidur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar