Sabtu, 30 Juni 2018

Tidak Semua Hal

Tidak semua hal bisa disampaikan
Tidak semua hal bisa diutarakan
Bukankah dunia ini penuh dengan misteri kehidupan?
Begitupun seharusnya takdir Tuhan

Tidak semua orang menghargai usaha
Tidak semua orang membaca cerita
Tidak selalu yang ada dipikiran harus terucap dalam lisan
Tidak selalu dunia ada di sisimu

Yang belajar memendam rasa
Kurasa mempermudah gangguan jiwa
Itu dalam teori tentang ilmu jiwa
Namun, terkadang memang tidak bisa diuraikan dalam kata

Semakin dewasa
Bukankah semakin banyak rahasia?
Aku ingin hidup apa adanya
Tanpa harus menyimpan harta

Harta tentang mereka
Harta tentang realita
Harta tentang kuasa
Harta tentang cinta

Aku ingin bercerita
Tapi tidak bisa
Aku ingin bercerita
Tidak tahu kepada siapa

Bukankah manusia penuh dengan pertanda?
Seenaknya memberi tanda di akhir cerita
Bukankah manusia punya pandangan yang berbeda-beda?
Kali ini mungkin aku salah dalam melafalkan kata

Bisakah aku bercerita
Kau mendengarkan
Tanpa memberi label di akhirnya?
Tanpa memberi penilaian tentang hina?

Kepada siapa aku harus bercerita?
Kepada siapa aku harus menyerah?
Kepada siapa aku bisa pasrah?
Kepada siapa aku bisa lelah?

Yang beragama akan menjawab Tuhan.
Yang tidak beragama bagaimana?
Sepertinya, aku butuh jawabanmu.
Karena aku mencari manusia, tapi belum tentu manusia juga benar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar